Minggu, 10 Agustus 2008

PAKAR kECANTIKAN


Kecantikan amat berkait erat dengan kondisi kesehatan. Demikian pendapat Sonia Wibisono, seorang dokter yang juga dikenal sebagai model iklan dan presenter di layar kaca.
"Kecantikan tidak bisa datang tanpa tubuh yang sehat. Karenanya, kalau kita mau cantik, kita harus menjaga kesehatan dengan bergaya hidup sehat," katanya.
Meski berprofesi sebagai dokter, nama Sonia Wibisono lebih dikenal sebagai seorang model, baik untuk majalah wanita atau iklan untuk beberapa produk.
"Tapi saya masih tetap praktik. Kalau syuting siang hari, praktiknya malam. Kalau syuting sore atau malam, praktik pagi," ungkapnya.
Memiliki wajah cantik dan penampilan trendy, ibu satu anak inipun kerap diundang menjadi pembicara dalam seminar kecantikan.
"Sebagai seorang perempuan kecantikan adalah sesuatu yang diidam-idamkan. Nah, banyak orang bingung bagaimana agar terlihat cantik. Padahal caranya mudah saja, bergaya hidup sehat saja. Cukup itu," ungkapnya.
Baru-baru ini, Sonia berkesempatan mewawancarai pakar kecantikan yang dikenal di dunia, Howard Murad di kantor pusat Murad, Los Angeles, AS.
"Mewawancarai dokter spesialis kecantikan yang dikenal di seantero dunia itu adalah pengalaman berharga bagi saya," ungkap perempuan kelahiran 11 Oktober 1977 itu.
Inilah.com berkesempatan bertemu Sonia untuk berbincang berbagai hal, baru-baru ini.
Apa kabar? Makin cantik dan bugar saja nih kelihatannya?
Alhamdulillah. Ya sebagai seorang perempuan saya memang ingin selalu terlihat segar dan cantik. Kalau akhirnya Anda mengatakan saya cantik dan bugar, itu berarti keinginan saya berhasil. Kecantikan dan kebugaran itu saya dapatkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Makanan dan minuman dijaga, tidak pernah keluar malam, selalu rutin berolahraga.
Selain itu, hidup ini harus selalu berpikiran positif, tidak pernah dengki dan iri pada orang. Insya Allah, kecantikan dan kebugaran akan datang. Kalau perawatan di salon, ya tetap perlulah. Tapi itu hanya faktor pembantu saja, utamanya ya tetap dari dalam diri.
Kecantikan Anda mendatangkan berkah, ya?
Ya tadinya sih saya ingin cantik untuk diri sendiri saja, juga untuk suami. Tapi, alhamdullilah, setelah itu ada rezeki lain. Orang mempercayai saya menjadi model, baik untuk pemotretan ataupun iklan, juga presenter.
Meski memang mungkin karena saya dokter, maka tawaran yang datang berkait kesehatan, misalnya untuk foto-foto majalah atau rubrik kesehatan, memberikan konsultasi kesehatan, atau iklan produk kesehatan.
Baru-baru ini Anda dapat kesempatan mewawancarai pakar kecantikan yang terkenal di dunia, doktor Murad. Dalam rangka apa?
Saya mendapatkan kehormatan karena mendapatkan kesempatan langsung mewawancarai pakar dematology yang sudah dikenal di dunia kecantikan. Dari wawancara itu, saya banyak belajar dan mendapatkan pengetahuan soal perawatan kulit agar tetap sehat, sehingga tetap terlihat selalu muda dan cantik.
Wawancara itu kelak untuk transfer teknologi, mengetahui dan mempelajari berbagai perkembangan terbaru dan termodern perawatan dan terapi kulit di Amerika.
Saya berkesempatan mewawancarai beliau selama dua hari. Doktor Murad dikenal sering menemukan bahan-bahan natural terbaru untuk peremajaan kulit (anti aging), dan kecantikan.
Di AS, Anda juga berbicara di Perkumpulan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia?
Ya benar. saya juga diminta bicara di perkumpulan pelajar dan mahasiswa indonesia di Amerika, mengenai antitembakau (Sonia juga dikenal sebagai anggota WITT, Wanita Indonesia Tanpa Tembakau) dan antiseks bebas. Seperti diketahui, sekarang banyak sekali generasi muda bangsa Indonesia yang mengenyam pendidikan universitas di AS. Mereka sengaja dilepas oleh orang tua mereka, agar belajar mandiri dan transfer teknologi.
Tetapi tentu saja tranfer kebudayaan tidak dapat dielakkan. yang penting bagaimana mereka tetap bisa mendapatkan pendidikan dan pengetahuan yang luas dan tinggi, tetapi bisa tetap menjunjung tinggi kebudayaan indonesia, dan terbebas dari segala risiko seks bebas (risiko penyakit menular seksual, aids, hepatitis B, kegagalan perkawinan, cacat keturunan), narkoba (HIV, AIDS, Hepatitis B, dan berbagai penyakit) dan tembakau (ketergantungan, kanker, berbagai penyakit).
Saya berpendapat generasi muda kita harus diajak bergaya hidup sehat. Karena tanpa generasi muda yang pintar tetapi sehat, mustahil Indonesia bisa berkembang pesat mengalahkan negara-negara lain di asia.
Anda pernah membuka layanan konsultasi kecantikan lewat sms. Apa yang mendorong Anda?
Perkembangan teknologi harus kita gunakan dong. kini banyak orang sibuk, tetapi mereka memunyai masalah dan ingin berkonsultasi. Ya via sms jalan cepatnya. Dan terbukti cukup banyak orang berkonsultasi melalui layanan sms ini.
Berkait teknologi, saya dalam waktu dekat akan membuat web yang berisi info terlengkap tentang kesehatan dan rumah sakit di Indonesia. [L1]

Tidak ada komentar: