Kamis, 31 Juli 2008

Rambut beruban

Rambut kita mempunyai pigmen (zat warna) yang disebut Melanin. Melanin dibuat oleh sel yang disebut Melanosit, letaknya persis dipangkal rambut dan dibagian dasar dari lapisan kulit terluar.

Jika pigmen tidak lancar berproduksi, helai rambut kita akan berubah menjadi putih yang sering kita sebut UBAN. Uban sering dikaitkan dengan bertambahnya usia, tetepi sekarang banyak juga anak muda yang sudah beruban.

Penyebab timbulnya UBAN :

1. Genetik/keturunan

Jika ayah/ibu kita beruban sejak usia 30 tahunan, ada kemungkinan kita akan beruban pada usia tersebut pula. Ada juga orang yang sudah berusia 50 tahun, tapi rambutnya masih hitam karena faktor keturunan tersebut.

2. Stres

Stres berlebihan bisa menguras cadangan vitamin B12 dari badan. Kekurangan vitamin ini mempercepat tumbuhnya rambut putih. Tapi hal ini bersifat sementara. Bila tubuh sudah tidak mengalami stres, produksi pigmen pun kembali lancar dan rambut kembali hitam.

3. Sakit keras

Sakit keras bisa memperlambat produksi melanin sehingga muncul uban. Bila kondisi membaik, rambut hitam tumbuh kembali.

4. Gizi buruk

Asupan makan yang kurang seimbang juga mempengaruhi kesehatan rambut. Ini menyebabkan rambut tumbuh kemerahan, beruban, dan rusak. Kurang gizi bisa membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang. Kurang darah juga bisa menyebabkan rambut beruban.

5. Merokok

Merokok menghambat aliran zat2 gizi yang dibutuhkan tubuh dan dibawa dalam peredaran darah.

6. Zat kimia

Penggunaan sampo, minyak rambut, cat rambut yang kandungan zat kimianya tinggi, sangat mempengaruhi kesehatan rambut. Minyak dan cat rambut meresap kedalam pori-pori kulit kepala, sehingga mempengaruhi produksi pigmen.

7. Zat pengawet

Makanan yang mengandung bahan pengawet, pewarna, gula sintetis, dan bahan kimia lainnya, juga mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Hmmm.. dari ke 7 faktor diatas, sepertinya : stres, gizi buruk, zat kimia, dan zat pengawet yang menyebabkan timbulnya uban2 dirambutku..hehe.

Kalau keturunan sepertinya tidak, karena ortu beruban ya setelah usia lanjut, normal-lah. Trus sakit keras juga tidak (jangan sampe), kalo merokok? sudah berhenti tuh…

Jadi…. jika kita mau ga cepet2 beruban :

*Rajinlah berolahraga, biar peredaran darah lancar. Badan sehat, rambut tumbuh hitam, lebat dan bercahaya.

*Banyak makan sayur yang mengandung vitamin A dan C (bayam, tomat, wortel, brokoli, paprika, dll) yang baik untuk pertumbuhan rambut.

*Banyak makan buah yang mengandung vitamin C (pepaya, mangga, jeruk, anggur, stroberi, dll)

*Perbanyak minum air putih.

*Berpikir positif. Hidup sudah susah… jangan tambah dibuat susah…hehe.

Tidak ada komentar: