Minggu, 07 September 2008

Tidak da Lintah di batang kangkung

Gossip tentang Lintah di batang kangkung sempat membuat saya salah satu penggemar kangkung agak ogoh makn kangkung. Yang konon katanya ceritanya brasal dari negeri jiran itu.
Tapi tahukah anda Logikanya????
Begini ceritanya saat saya membaca sebuah artikel disebuah situs tentang berita tesebut "Pada suatu hari di klinik yang terkenal, semua doktor kebingungan keranaada seorang anak kecil yang menderita sakit perut. Anak itu dibawa keklinik oleh orang tuanya setelah 2 hari menderita diarhea. Sudahbermacam ubat sakit perut yang diberikan kepada anak itu, namundiarheanya tidak sembuh.Di klinik orang tua anak tersebut ditanya oleh doktor, makanan apa yangdimakan oleh anak tersebut selama 2 hari ini. Orang tua anak itukebingungan, kerana sejak anaknya diarhea anak tersebut tidak mau makan,dia hanya minum susu, itu pun akan muntah semua.Setelah dikaji, ternyata sebelum menderita diarhea, malamnya anak tersebutbaru saja diajak makan kangkung cos di restoran oleh orang tuanya. Doktersegera melakukan xray, ternyata di usus anak tersebut telah berkembangbiak lintah dengan anaknya yang kecil-kecil. Doktor surrender danmenyatakan tidak sanggup mengambil tindakan medical apapun.Akhirnya anak kecil malang itupun meninggal dunia. setelah dikaji,ternyata lintah itu sebelumnya berada di dalam batang kangkung yang besar."

Tapi tahukah anda Logikanya???? . Setelah saya melakukan observasi tidak ada lintah di batang kangkung terutama kangkung cabuT ( kangkung yang masih terdapat akarnya/kangkung darat). coba anda perhatikan pada bagian dasar akar ke batang tidak ada rongga untuk lintah masuk, kemudian dari akar kebatang terdapat sekat atau ruas yang membatasi antar batang dengan akar, sedang dari batang ke batang juga terdapat ruas yang batasi antar batng tsb, so tidak ada celah bagi lintak tersebut untuk masuk kalupun kemungkinan ada mungkin terdapat pada KANGKUNG COMBERAN(KANGKUNG RAMBAT). TAPI SEPERTI YANG TELAK SAYA BILANG KEMUNGKINAN ITU KECIL KARNA PADA KANGKUNG RAMBAT TETAP TERDAPAT RUAS YANG MENGHALANGI UNTUK LINTAH ITU MASUK.

untuk itu saya menyarankan para penggemar kangkung jangan takut untuk makan kangkung karana saya punya tips untuk itu ;

1. sebelum membeli kangkung hendaknya perhatikan paka itu kangkung cabut atau rambat saya sarankan untuk kaNGKUNG CABUT.

2.dalam pemotongan potonglah batangkangkung secara vertikal untuk membuktikan sendiri apakah dalm batang tersebut ada Lintah

3. pastikan Cuci bersih kangkung

4. masak matang2 kangkung tersebut.

Tidak ada komentar: