Minggu, 15 Juni 2008

Al-Razi, Dokter Muslim Pertama Yang Paling Terkenal Di Seluruh Dunia

Al-Razi adalah termasuk salah seorang dokter pertama yang terkenal di dunia, terutama terkenal di kalangan kesehatan dunia. Ia pertama kali mendapatkan ilmu pengetahuan mengenai batu dalam ginjal dan kemudian ditulisnya dalam buku. Demikian pula mengenai batu dalam air seni (kencing batu). Ia juga merupakan dokter pertama yang mendapatkan ilmu tentang penyakit anak-anak dan kemudian penyakit ini dimasukkan dalam cabang tersendiri dalam ilmu kedokteran. Kemudian ia pula yang pertama menulis buku tentang hal ini.
Al-Razi juga merupakan dokter pertama di dunia yang mendapatkan cara diagnosis penyakit cacar dengan memeriksa mata pasien. Ia pun mengarang buku mengenai penyakit ini yang telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, terutama bahasa latin pada tahun 1565 M. Buku itu sudah dicetak sampai 40 kali pada tahun 1866. dari sinilah namanya dikenal oleh orang Barat sebagai tokoh kesehatan terbesar di abad pertengahan. Sebuah bukunya lagi bernama: "Al-Khawi" mengenai kesehatan, terdiri dari 20 jilid, merupakan sebuah ensiklopedi di fakultas kedokteran di Barat selama beberapa abad. Dalam buku tersebut diterangkan bagaiman cara-cara pengobatan dari Yunani, India, Arab dan Persia. selain itu buku ini juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Latin pada tahun 1279 dengan nama " Contiucuos".
Kehebatan dokter Al-Razi yang lain adalah dia merupakan dokter pertama yang mengetahui bahwa emosi amat berpengaruh bagi kesehatan. Karena itu ia berkata: "Kewajiban seorang dokter ialah memberikan kesan pada pasien bahwa penyakitnya dalah enteng dan akan segera sembuh".Dengan perkataan ini, maka diharapkan pasien akn dapat berangsur pulih kesehatannya. Al-Razi juga merupakan dokter pertama yang mengetahui bahwa kesan alunan musik akan membantu mengurangi rasa sakit pada pasien. Ia pula yang pertama kali menggunakan hewan sebagai percobaan, yaitu kera (monyet) sebagai hewan percobaannya. Kehebatan yang terakhir dari dokter Al-Razi adalah ia orang pertama kali yang menemukan pengobatan bagi orang pingsan dengan cara mempercepat aliran darah. Suatu hari dia menemukan orang yang jatuh pingsan, ia berhenti dan lalu menepuk-nepuk kedua kaki orang itu dengan keras. Akhirnya, si sakit itu bisa sadar karena peredaran darahnya telah berjalan lancar akibat tepukan-tepukan itu.
Demikianlah profil dari Al-Razi yang dikenal oleh dunia Barat sebagai seorang dokter sangat terkenal dalam ilmu pengobatan dunia. Selain menjadi seorang dokter, ia juga seorang ahli musik. Ia juga menjadi seorang Guru Besar di sebuah universitas di Baghdad. Ia dilahirkan di Teheran, tahun 860 M. Namanya yang sebenarnya adalah Abu bakar Muhammad bin Zakaria Ar-Razi. Orang Barat menyebutnya dengan Arrazes. Begitu banyak buku-bukunya yang beramnfaat bagi dunia medis dan sampai kini masih dipergunakan oleh Fakultas Kedokteran di negara-negara Barat. Pada akhir hidupnya, ia buta dan wafat pada usia 64 tahun di tahun 924 M. Beliau adalah contoh sosok manusia besar yang seluruh hidupnya didedikasikan bagi dunia kemanusiaan. Patut dicontoh dan ditiru.

Tidak ada komentar: