Rabu, 11 Juni 2008

Penemu Senyawa Saraf

Sir Henry Hallet Dale, peraih Nobel Kedokteran bersama Otto Loewi tahun 1936 ini berhasil menemukan senyawa yang berperan dalam transmisi saraf (neurotransmitter). Zat transmisi yang disebut acetylcholine ini berfungsi sebagai penyampai pesan kimia dari rangsangan yang diterima ujung saraf.

Selain itu, acetylcholine merupakan senyawa penting dalam mengatur organ-organ tubuh. Perut, hati, kelenjar keringat, pembuluh darah dan kelenjar limpa merupakan sebagian organ yang diaturnya. Kekurangan senyawa kimia ini bisa mengurangi konsentrasi dan daya ingat seseorang. Zat ini juga berperan dalam mengontrol irama otot, dorongan dan emosi.

Berkat stimulus dari acetylcholine ini kemudian otot bisa digerakkan. Pesan yang dibawa acetylcholine kemudian akan diterjemahkan oleh saraf cholinoceptive. Zat nikotin dan musskarin akan menguraikan pesan yang ditangkap saraf ini. Bila zat nikotin yang membaca pesan tersebut maka akan merangsang otot rangka, saraf simpatik dan parasimpatik, sedangkan bila muskarin maka akan merangsang persimpangan antara posganglion dengan saraf parasimpatik dan organ sasarannya.

Sir Henry Hallet Dale lulus dari Fakultas Kedokteran pada 1909 di Universitas Cambridge. Karir penelitiannya diawali sebagai farmakologis di Wellcome Physiological Research Laboratories pada 1904. Sepuluh tahun kemudian, ia bergabung di Medical Research Council dan sejak 1928 sampai dengan 1942 menjabat sebagai direktur di National Institute for Medical Research dana mulai menemukan senyawa acetylcholine tersebut.

Dale juga merupakan orang pertama yang mengidentifikasi senyawa histamine dalam jaraingan hewan dan mempelajari dampak fisiologis histamin termasuk kaitannya dengan alergi dan reaksi anaphylatic. Dale kemudian menjabat sebagai presiden di Royal Society dan ketua dari (selama Perang Dunia II) di Scientific Advisory Committee. Berkat sumbangannya dia dianugerahi gelar Kesatriaan tahun 1932 dan memperoleh Order of Merit tahun 1944.

Ia menikah dengan Ellen Harriet Hallet, sepupu pertamanya tahun 1904. Putri pertamanya, Alison Sarah menikah dengan Lord Todd, pemenang Nobel Kimia 1957. Penulis buku Adventures in Physiology dan An Autumn Gleaning yang lahir 9 Juni 1875 ini akhirnya tutup usia tahun 1968. edy can

Tidak ada komentar: